Jurusan Biologi FMIPA UNM Gelar Kuliah Umum Mahasiswa Baru Tahun 2019 Bertajuk Literasi di Era 4.0

Dr. Ismail, M.S saat membawakan Kuliah Umum untuk Mahasiswa Baru Jurusan Biologi Tahun 2019 (Doc.LPM BIOma)

Jurusan Biologi FMIPA UNM telah menggelar Kuliah Umum di Laboratorium Kebun Percobaan Biologi FMIPA UNM pada Senin (19/08) kemarin. Kuliah umum tadi membahas mengenai Literasi Baru Mahasiswa di Era RI 4.0, yang langsung dibawakan oleh Dr.Ismail.M.S dan dihadiri oleh mahasiswa baru jurusan Biologi.

Ismail dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa revolusi industri merupakan hal yang sangat penting terkait pada kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi melalui proses membaca (literasi). Revolusi Industri 4.0 dibangun oleh serangkaian teknologi baru yang memadukan antara dunia fisik dan teknologi digital yang ada akan berdampak pada pergeseran tenaga kerja di dunia. Ia pun turut menjelaskan terdapat tiga tantangan di Revolusi Industri 4.0 yakni era big data, era otomatisasi robotik dan sensorik, serta era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tumbuh secara eksponansial.

Sebelum pada Revolusi Industri 1.0 masyarakat bergantung pada otot, angin, dan air. Tetapi semakin bumi ini tua maka semakin maju juga teknologi yang digunakan oleh penemu. Di era Industri 4.0 ini ada beberapa pekerjaan yang dulu sangat dibutuhkan tetapi berhubung teknologi semakin canggih sehingga para tenaga kerja di gantikan oleh mesin canggih, misalnya penjaga tol yang sebelumnya selalu berada di tempat untuk melayani para pengendara tapi sekarang, kita tinggal menggesek kartu yang sudah tersedia,” tuturnya.

 

-Redaksi LPM BIOma-

Leave a Reply

Translate »