Dosen Biologi UNM Lakukan Pelatihan Mengolah Limbah Tahu Menjadi Meatloaf di Kabupaten Enrekang

Upaya sivitas akademika khusus Dosen Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNM untuk melaksanakan tugas tridarma dilakukan melalui kegiatan pelatihan pada masyarakat sasaran yang berpotensi menerapkan dan menularkan kegiatan ini pada masyarakat lainnya.Kegiatan pelatihan ini berlangsung dari tanggal 19 sampai 21 Juli 2019 yang dipandu oleh Alimuddin Ali sebagai Ketua Pelaksana kegiatan pengabdian ini dibantu oleh anggota pelaksana Rachmawaty dan Hilda Karim. Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M UNM) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Enrekang. Salah satu masyarakat sasaran kegiatan ini adalah guru dan siswa SMK di kabupaten Enrekang. Dalam sambutan pembukaan kegiatan ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Enrekang yang diwakili oleh Darmiati Siampa menyambut baik kegiatan ini dan berharap agar kegiatan ini terlaksana dengan baik dalam upaya memberi pemahaman dan keterampilan khususnya pada guru dan siswa.

Kegiatan ini disambut baik oleh peserta karena mereka mendapatkan pemahaman dan keterampilan serta pengalaman baru cara mengolah limbah tahu menjadi meatloaf. Respon baik ini ditunjukkan dengan antusiasme peserta melakukan praktik serta upaya mereka untuk menularkan ilmu yang didapatkannya kepada siswa lainnya.

Kami sangat mengharapkan agar pengalaman yang diperoleh dari kegiatan ini dapat disampaikan juga kepada masyarakat disekitarnya agar kegiatan ini memiliki manfaat terutama mengolah limbah tahu menjadi produk pangan yang memiliki kandungan gizi tinggi setelah dioleh melalui teknik fermentasi” harap Alimuddin Ali saat menutup kegiatan pelatihan ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*