Dua Tim Jurusan Biologi Lolos PIMNAS Ke-32

(Mahasiswa Perwakilan Jurusan Biologi FMIPA UNM)

Universitas Negeri Makassar (UNM) memberangkatkan 2 tim dari fakultas MIPA Jurusan Biologi untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Bali. Dilansir dari laman antaranews.com, Tahun ini UNM mengirim 21 tim penelitian yang terdiri dari 71 mahasiswa yang secara resmi dilepas oleh rektor di Menara Pinisi UNM. Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) dengan judul “Pemberdayaan Kelompok Ibu PKK melalui Lady Kaka di Kelurahan Batangkaluku” dan ”Pengembangan Metode Ekstraksi Atom Besi (Fen+) Eritrosit Sapi Sebagai Basis Sintesis Spion” berhasil melaju ke PIMNAS 2019 di Universitas Udayana Bali pada tanggal 27-31 Agustus 2019.

Tercatat 21 nama mahasiswa FMIPA UNM yang lolos dalam PIMNAS ke-32 ini, 3 orang diantaranya dari pendidikan matematika ICP, 2 orang dari Matematika, 3 orang dari Fisika,1 orang Pendidikan Fisika, 2 orang Pendidikan Kimia ICP, 1 orang Pendidikan Kimia, 3 orang Pendidikan Biologi ICP, 2 orang dari Geografi, 1 orang Pendidikan Geografi, 1 orang pendidikan IPA, 2 orang Pendidikan IPA ICP, dan 1 orang dari Statistika. Di Biologi itu sendiri, tercatat ada 2 tim yang lolos di PIMNAS, yaitu tim dari Khairil Asnan Haedar yang beranggotakan 2 orang, Mohd. Sadzan Asram dan Aprialdy Idrus. Sedangkan di tim Hamia tercatat ada 3 orang yaitu Irnawati, Sakinah Amaliah dan Wahyuddin.

Hamia selaku ketua tim mengucapkan harapannya untuk membawa pengaruh besar atas penelitiannya sehingga dapat mengurangi sampah organik di pasar dan meningkatkan kesejahteraan, khususnya untuk ibu rumah tangga”Besar harapan kami untuk membawa pengaruh besar dengan penelitian yang kami lakukan ini, Semoga  ini bisa tetap berlanjut walaupun programnya sudah selesai dilaksanakn oleh kami untuk mengurangi sampah organik di pasar juga meningkatkan kesejahteraan ibu-ibu khususnya di kelurahan Batangkaluku”

Muhammad Thafshir Triansha Prodi Pendidikan Fisika 2015 juga lolos dan membawakan nama UNM di ajang PIMNAS dengan mengangkat judul PKM “Agen Neptunus Indonesia 2019” Topik yang diangkat adalah Sustainable Development Goals atau dalam bahasa Indonesia  tujuan pembangunan berkelanjutan dari PBB.

Capaian mahasiswa UNM di PIMNAS  32 di Bali yakni  medali emas, 3 medali perak, 2 medali perunggu, dan 2 juara favorit. Dan hasil itu yang menempatkan UNM sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Kawasan Timur Indonesia

 

-Redaksi LPM BIOma-

Leave a Reply

Translate »