Pembukaan PKM PNBP Terpadu Jurusan Biologi FMIPA UNM

Jurusan Biologi – Kegiatan PKM PNBP Terpadu Jurusan Biologi FMIPA UNM telah dibuka pada hari Juma’t 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WITA oleh Dekan FMIPA UNM. Acara ini dihadiri oleh Dekan FMIPA UNM, Ketua LP2M UNM dan seluruh ketua Tim PKM dosen Jurusan Biologi. Selain digelar secara langsung digedung Science Square, pembukaan ini juga dilakukan secara virtual yang dihadiri oleh Kadis DikBUd Kab.Takalar, Ketua MGMP Biologi, Ketua MGMP IPA Kab. Takalar dan anggota Tim PKM PNBP Jurusan Biologi.

Pelakasanaan PKM Terpadu Jurusan Biologi tahun ini merupakan yang ketiga kalinya digelar, setelah sebelumnya pada tahun 2018 sukses dilaksanakan di Kab. Selayar dan Kab. Enrekang pada tahun 2019. Bapak Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan PKM Terpadu yang dimulai oleh Jurusan Biologi telah menjadi model pelaksanaan PKM di lingkungan FMIPA, beberapa jurusan dan program studi telah mengikuti format pelaksanaan PKM terpadu ini, diantaranya Jurusan Matematika, Jurusan Kimia, Jurusan Geografi dan Program Studi Statistika. Pola pelaksanan PKM seperti ini manfaatnya jauh lebih efektif terasa bagi mitra, ungkapnya.

Salah satu tantangan pelaksanaan PKM terpadu tahun ini adalah pandemi Covid-19. Pesan Rektor UNM Bapak Prof. Dr. H. Husain Syam, M.TP melalui ketua LP2M mengatakan bahwa jangan menjadikan pandemi covid-19 ini sebagai kendala, lakukanlah kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan penuh inovasi dan kreativitas sehingga kegiatan kita dapat terlaksana dengan baik. Penyampaian dari Ketua LP2M UNM Bapak Prof. Bakhrani Rauf, MT bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh jurusan biologi FMIPA UNM ini sangat bermanfaat karena guru-guru dan masyarakat (mitra) sangat terbantu  karena melakukan pelatihan dan pendampingan kepada mitra sehingga dapat menghasilkan sesuatu untuk mensejahterakan masyarakat khususnya di Kabupaten Takalar

PKM terpadu tahun ini akan digelar di Kab. Takalar mulai tanggal 15-22 Agustus 2020 dengan melibatkan 30 dosen dan mahasiswa. Konsep kegiatan PKM tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, PKM akan dilaksankan secara langsung dan akan dilanjutkan dengan daring sampai terpenuhinya target PKM masing-masing tema. Adapun mitra pada kegiatan ini adalah kelompok masyarakat umum dan kalangan masyarakat pendidik diantaranya MGMP Biologi Kab. Takalar dan MGMP IPA Kab. Takalar. Pada kegiatan ini terdapat 10 tema PKM yang akan dilatihkan kepada mitra, sebagai berikut:

  1. Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga dalam Pembuatan Pupuk Organik Cair (Dr. Ir. Hilda Karim, MP.)
  2. PKM Pelatihan Budidaya Tanaman secara Hidroponik bagi Anggota MGMP Biologi (Hartono, S.Si., M.Biotech, Ph.D.)
  3. PKM Pelatihan Pembibitan dan Budidaya Jamur Tiram (Prof. Dr. Ir. Yusminah Hala, M.S)
  4. Diversifikasi Pengolahan ikan (Ir. Halifah Pagarra, MP., Ph.D)
  5. PKM Pendampingan Stunting (Dr. Drs. A. Mushawwir T, M.Kes)
  6. PKM Pelatihan Pencegahan Resiko Penularan Penyakit Scabis dalam Keluarga (dr. Irma S. Idris, SpKK, M.Kes)
  7. PKM Pelatihan Pembuatan Aneka Salad Sayur untuk Pola Hidup Sehat Masyarakat (Dr. A. Asmawati Azis, M.Si)
  8. PKM bagi MGMP IPA dalam Budidaya Sayur Sistem Hidroponik (Dr. Abd. Muis M, M.Si)
  9. PKM Pembuatan Tempat Sampah Multifungsi dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (Dr. A. Faridah Arsal, S.Si., M.Si)
  10. PKM Pelatihan Implementasi Strategi Pembelajaran Penyelesaian Masalah (Dr. Muhiddin P, S.Pd., M.Pd)

Leave a Reply

Translate »