PKM PELATIHAN IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENYELESAIAN MASALAH

Jurusan Biologi – Tim PKM Dosen Jurusan Biologi melaksanakan pelatihan implemnetasi strategi pembelajaran penyelesaian masalah kepada guru-guru yang tergabung dalam MGMP IPA Kab. Takalar. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat, salah satu implikasi dharma ini adalah Perguruan Tinggi melalui dosen dapat memiliki konektivitas serta memberi manfaat kepada masyarakat luas. Kegiatan yang diikuti oleh 16 organg guru ini digagas oleh tiga orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNM, Dr. Muhiddin P, S.Pd., M.Pd., sebagai ketua tim, Prof. Dr. Firdaus Daud dan Saparuddin, S.Pd., M.Pd., masing-masing sebagai anggota. Kegiatan ini juga melibatkan tiga orang mahasiswa dalam pelaksanaannya.

Salah satu dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses menyatakan bahwa proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Di antara metode yang dianjurkan dalam Standar Proses tersebut adalah metode saintifik/ilmiah, inkuiri, pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis projek pada semua mata pelajaran. Salah satu aktivitas yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik pada metode/model tersebut adalah penyelesaian masalah. Dr. Muhiddin P, S.Pd. M.Pd., selaku ketua Tim meyatakan bahwa penyelesaian masalah merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang perlu dikuasai peserta didik. Oleh karena itu, sebelum peserta didik dibiasakan menyelesaikan masalah,  pengajar dan pendidik perlu menguasai dan merancang pembelajaran tersebut sehingga dapat diimplementasikan di kelas.

Masa pandemi tidak menyurutkan Tim dan antusiasme peserta dalam pelaksanaan kegiatan ini, Rektor UNM Bapak Prof. Dr. H. Husain Syam, M.TP berpesan melalui ketua LP2M bahwa jangan menjadikan pandemi covid-19 ini sebagai kendala, lakukanlah kegiatan pengaabdian masyarakat ini dengan penuh Inovasi dan kreativitas sehingga kegiatan kita dapat terlaksana dengan baik. Atas arahan tersebut, tim mengelola teknis pelaksanaan kegiatan PKM tahun ini sedikit berbeda dengan PKM sebelumnya, dimana pelatihan akan dilakukan secara luring dan daring.

Ketua LP2M UNM Bapak Prof. Bakhrani Rauf, MT dalam pembukaan kegiatan PKM Terpadu Jurusan Biologi menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Jurusan Biologi FMIPA UNM ini sangat bermanfaat karena guru-guru dan masyarakat (mitra) sangat terbantu  karena melakukan pelatihan dan pendampingan kepada mitra sehingga dapat menghasilkan sesuatu untuk mensejahterakan masyarakat khususnya di Kabupaten Takalar. Ibu Lisna, S.Pd., yang merupakan mitra dalam kegiatan ini berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, sejalan dengan ibu Lisna, Ibu Hernawati, S.Pd., juga memiliki harapan yang sama “semoga ini berkelanjutan, pada umumnya kita masih membutuhkan pelatihan pembelajaran yang sejenis” ucapnya.

Kegiatan tatap muka yang telah dilakukan pada tanggal 15 Agustus 2020 ini akan dilanjutkan dengan kegiatan pembimbingan secara intens melalui daring sampai tanggal 22 Agustus 2020. Adapun produk akhir kegiatan ini adalah rancangan pembelajaran penyelesaian masalah. Melalui kegiatan ini, Tim pelaksana berharap para guru semakin terampil dalam merancang pembelajaran berbasis masalah sesuai dengan prinsip dan kaidah yang sebenarnya.

Leave a Reply

Translate »