PKM PELATIHAN BUDIDAYA TANAMAN SECARA HIDROPONIK BAGI ANGGOTA MGMP BIOLOGI KAB. TAKALAR

Jurusan Biologi – Masa pandemi tidak menjadi hambatan bagi Tim PKM dosen Jurusan Biologi untuk melaksanakan diseminasi maupun sharing pengalaman kepada masyarakat luas melalui kegiatan pengabdian. Salah satunya adalah Tim PKM yang diketuai oleh Hartono, S.Si., M. Biotech. Ph.D dan dua orang dosen sebagai anggota, masing-masing Dr. Ismail, M.S dan Dr. Ir. Muh. Junda, M.Si. Pada hari Sabtu 15 Agustus 2020, Tim PKM melaksankan pelatihan budidaya tanaman secara hidroponik kepada anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SMA Kab. Takalar. Kegiatan ini merupakan salah satu dari 10 kegiatan PKM PNBP Terpadu Jurusan Biologi yang sehari sebelumnya (Jum’at 14 Agustus 2020) telah dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA UNM yang dihadiri juga oleh ketua LPPM Universitas Negeri Makassar. Dalam sambutannya, Prof. Bakhrani Rauf, MT., menyampaikan pesan Rektor Universitas Negeri Makassar, Bapak Prof. Dr. H. Husain Syam, M.TP., bahwa jangan menjadikan pandemi covid-19 ini sebagai kendala, lakukanlah kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan penuh inovasi dan kreativitas sehingga kegiatan kita dapat terlaksana dengan baik.

Kondisi pandemi membuat tim melakukan penyesuaian pelaksanaan kegiatan PKM, jika pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan PKM yang meliputi pelatihan dan pendampingan dilaksanakan seluruhnya secara tatap muka dilokasi mitra, tahun ini dilaksanakan secara daring dan luring. Kegiatan luring dilaksanakan secara langsung selama satu hari, yaitu pada hari Sabtu 15 Agustus 2020 di SMA Negeri 1 Kab. Takalar dan diikuti oleh 16 orang guru biologi yang berasal dari 9 sekolah. Kegiatan ini disajikan dalam bentuk pelatihan (workshop) dimana narasumber mendemonstrasikan topik-topik pelatihan secara langsung seperti cara pembuatan medium hidroponik dan cara pembuatan instalasi tanaman hidroponik dari wadah bekas kemasan buah, selanjutnya setiap peserta diminta mempraktekkan keterampilan tersebut. Kegiatan selanjutnya dilaksanakan secara daring yang dimulai pada tanggal 16 Agustus sampai dengan 22 Agustus 2020. Pada kegiatan ini peserta diberikan penugasan dalam bentuk proyek kepada setiap kelompok untuk melakukan pemeliharaan tanaman secara hidroponik, tim akan memberikan pendampingan dan layanan konsultasi kepada seluruh peserta dalam penyelesaian tugas proyek tersebut.

Tim PKM berharap kegiatan ini bisa memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru-guru biologi SMA di Kabupaten Takalar tentang cara budidaya tanaman hidroponik secara sederhana. Kegiatan ini juga diharapkan bisa berkontribusi dalam mendukung keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) di tingkat SMA khususnya untuk mata pelajaran yang berkaitan dengan budidaya tanaman seperti Biologi dan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Secara umum peserta menilai kegiatan ini sangat bermanfaat karena mereka bisa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang baru tentang budidaya tanamanan secara hidroponik dan dapat mereka aplikasikan dalam mendukung KBM disekolah. Peserta kegiatan PKM berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkelanjutan dengan durasi waktu yang lebih lama.

Leave a Reply

Translate »