PEMBEKALAN DAN PELEPASAN KULIAH KERJA NYATA-KERJA PRAKTEK MAHASISWA PRODI BIOLOGI UNM

Program Studi Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah menggelar kegiatan Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Kerja Praktek (KKN-KP) Angkatan XXXIII. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu (23/06) di Ruang Rapat Jurusan Biologi Lantai 7 Menara FMIPA UNM.

Kegiatan pembekalan dan pelepasan ini dihadiri oleh Dr. Arifin Manggau, S.Pd., M.Pd selaku Ketua Pusat KKN Universitas Negeri Makassar, Drs. H. Abd Muis, M.Si selaku Ketua Jurusan Biologi FMIPA UNM, Dr. Ir. Muh. Junda, M.Si selaku Ketua Prodi Biologi FMIPA UNM, Prof. Oslan Jumadi, S.Si., M.Phil., Ph.D dan Dr. A. Mu’nisa, S.Si., M.Si selaku dosen pembimbing KKN-KP. Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan KKN-KP ini ialah sebanyak 46 mahasiswa.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini salah satunya adalah untuk memberikan bekal kepada mahasiswa terkait pentingnya melakukan pengabdian pada masyarakat dan bagaimana cara yang baik dalam mengimplementasikan ilmu-ilmu yang sebelumnya telah diperoleh di bangku kuliah.

Ketua Pusat KKN UNM, Dr. Arifin Manggau, S.Pd., M.Pd, menyampaikan pesan dan harapan kepada mahasiswa agar mampu menjalankan kegiatan KKN-KP dengan baik.”Semoga ananda semua dapat menjalankan kegiatan ini dengan baik, serta mengimplementasikan ilmu yang telah didapat di kampus di tempat KKN-KP. Semoga ananda semua bisa menjadi teladan bagi masyarakat serta menanamkan karakter pada masyarakat luas.” harapnya.

Sementara itu, M. Yusuf selaku salah satu mahasiswa yang mewakili harapan peserta KKN-KP juga menyampaikan harapan terkait kegiatan KKN-KP yang akan dilaksanakan. Harapan saya,  semoga KKN-KP ini berjalan dengan lancar sesuai yang telah direncanakan. Semoga KKN-KP yang kami lakukan dapat menghasilkan dampak yang positif di masyarakat dan semoga apa yang telah kami pelajari selama ini dapat diterapkan nantinya di kerja praktek.” harap mahasiswa angkatan 2018 tersebut.

Mahasiswa KKN-KP akan melakukan tugas pengabdian di Kabupaten Maros, tepatnya di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Turikale, Kecamatan Lau dan Kecamatan Cendana, sedangkan untuk Kerja Praktek akan dilaksanakan di Balai Besar Veteriner, Resort Pattunuang-Karaenta, Balai Proteksi UPTD BPTPH dan Balai Penelitian Tanaman Serelia.

Leave a Reply

Translate »