IKA PROBIO UNM GELAR WEBINAR SERIES PELUANG DAN TANTANGAN ALUMNI BIOLOGI

Jurusan Biologi – Ikatan Alumni Prodi Biologi (IKA PROBIO UNM) pertamakali mengadakan webinar series (Sharing Session IKA PROBIO UNM Chapter I) melalui Zoom Cloud Meeting pada hari Sabtu (4/09). Webinar Series ini mengusung tema “Peluang dan Tantangan Alumni Biologi di Bidang Agrikultur, Kelautan dan Kehutanan”. Sebanyak 43 peserta yang mengikuti zoom yang berasal dari alumni dan mahasiswa Biologi FMIPA UNM.

Webinar series merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan IKA PROBIO UNM dari bidang pendidikan, penelitian dan IPTEK yang diketuai oleh Mohammad Padri. Ia berharap webinar ini bisa memenuhi tujuan awalnya yaitu membuka wawasan peserta akan peluang dan tantangan alumni biologi di bidang-bidang terkait. Semoga acara ini juga bisa berkesinambungan dilaksanakan dengan topik, suasana, dan konsep yang beragam kedepannya.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa pembicara yang kompeten di bidangnya. Irwantha Sihombing tentang bidang agrikultur, Ardiansyah tentang bidang kelautan dan Aprianto tentang bidang kehutanan.

Irwantha Sihombing yang merupakan CKP PT. Perkebunan Nusantara III Persero sebagai pembicara pertama mengatakan bahwa semua orang punya kesempatan yang sama di bidang pertanian.

“Ada banyak hubungan antara ilmu biologi dan pertanian diantaranya bioteknologi, botani, mikrobiologi, biologi molekuler, mikologi, parasitologi, entomologi dan masih banyak lagi. Selain itu ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum di dunia kerja yakni positif attitude nomor satu jika attitude kurang maka akan mengurangi kelebihan yang lain, network, konsisten serta tidak menyerah, thinking and writing, pemetaan apa yang diinginkan juga persiapan apa yang dilakukan dan menjadi berbeda”

Ardiansyah yang merupakan HR Manager PT. Biota Laut Ganggang sebagai pembicara ketiga mengatakan bahwa kita harus bisa memilih serta mengetahui orientasi kita ingin memanfaatkan peluang atau menciptakan peluang.

“Orientasi kita harus jelas karena untuk menyiapkan kompetensi apa yang harus kita miliki untuk sampai ke tujuan. Flora dan fauna bisa dimanfaatkan menjadi salah satu peluang. Misalnya lewat budidaya. Untuk mahasiswa yang masih kuliah harus menentukan orientasi apa yang ingin di tuju dan bisa mempersiapkan untuk mencapai orientasi itu. Perhatikan dan serius praktikum karena sangat berpengaruh di dunia kerja. Jika hanya tau teori dan kurang di praktikum adalah sebuah kelemahan”

Aprianto yang merupakan Pengendali Ekosistem Hutan dari Balai Taman Nasional Wasur KLHK sebagai pembicara kedua mengatakan bahwa alumni biologi tidak boleh berkecil hati karena prospek pekerjaan dan penelitian kita luas. Jangan takut khilangan topik penelitian karena banyak keanekaragaman yang belum diteliti.

“Ada banyak taman nasional tersebar di Indonesia sehingga begitu  banyak lapangan pekerjaan belum lagi yang lainnya. Baik di swasta maupun kepemerintahan jangan risau dengan pekerjaan. Sangat erat kaitannya ilmu biologi dengan kehutanan. Hutan adalah sumberdaya yang bersifat dapat dipulihkan. Pemanfaatan hutan harus diupayakan pada tingkat daya dukung optimalnya. Terjaganya flora dan fauna adalah peranan biologi dalam bidang konservasi, manfaatnya dapat menjaga, kelestraian sumber daya hayati”.

Leave a Reply

Translate »