PKM Pembuatan Meatloaf Berbahan Jamur Merang (Pleorotus ostreatus) Masyarakat Desa Sokkolia Kabupaten Gowa

Jurusan Biologi – Kabupaten Gowa merupakan salah satu daerah sentra jamur yang cukup potensial di Sulawesi Selatan. Daerah ini memiliki kelompok budidaya jamur di Desa Sokkolia, Kecamatan Bontomarannu. Masih terbatasnya pemanfaatan nilai jamur sebagai makanan yang memiliki gizi tinggi, maka perlu dilakukan pengolahan tepat guna bahan pangan alternatif yang ditujukan untuk memberi manfaat tambahan, menghasilkan produk yang disukai serta penerapan teknologi dan biaya yang dapat dicapai oleh masyarakat. Masalah yang terjadi Tim Dosen Jurusan Biologi UNM yang diketuai oleh Ibu Rachmawaty, S.Si., MP, Ph.D bersama dengan dua dosen lain yaitu Bapak Dr. Alimuddin Ali, S.Si., M.Si dan Ibu Dr. Andi Mu ‘nisa, S.Si., M.Si.

Kegiatan PKM ini merupakan rangkaian kegiatan PKM terpadu yang rutin dilakukan oleh Jurusan Biologi UNM setiap tahunnya. Sasaran ini ibu-ibu rumah rumah Desa Sokkolia yang diharapakan dapat menambah semangat ibu-ibu tangga dalam kegiatan adalah memanfaatkan berbagai potensi yang ada. selain itu dengan mengambil manfaat serta menyerap pengalaman dalam kegiatan ini dapat digunakan untuk menambah penghasilan keluarga. Upaya ini diharapkan dapat melakukan pembinaan dan pembentukan industri-industri rumah tangga baru yang berbasis teknologi tepat guna.

 

Peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan pengolahan jamur merang untuk pembuatan meatloaf, tidak hanya menjelaskan tata cara pembuatan tetapi tim juga melakukan demonstrasi pembuatan meatlof dan para peserta yang terlibat dalam pembuatannya, sehingga diharapkan setelah mengikuti pelatihan para peserta mampu melakukannya secara mandiri di rumah masing-masing masing-masing-masing-masing-masing-masing. Selain itu, peralatan maupun bahan yang digunakan dalam pembuatan meatlof mudah dijumpai, hal ini dapat memudahkan para peserta dalam mengimplementasikan pelatihan yang telah diberikan.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Translate ยป