Call For Papers: Seminar Nasional Biologi dengan Tema Inovasi Penelitian Biologi dan Pembelajarannya di Era Merdeka Belajar

Pendaftaran: https://bit.ly/webinarBioUNM

Template artikel: https://bit.ly/Temp_SemnasBio20

Upload Abstrak: https://bit.ly/ABSTRAKSEMNASBIO

Upload Artikel: https://bit.ly/ARTIKELSEMBIO

Info lain : http://bio.fmipa.unm.ac.id/

PENDAHULUAN

Pendidikan dan pembelajaran menghadapi berbagai tantangan dan persoalan, karena bertambahnya keinginan masyarakat untuk mendapat pendidikan, yang secara kumulatif menuntut tersedianya fasilitas dan sarana yang memadai dan terjaminya kualitas pendidikan yang diselenggarakan. Berkembangnya ilmu pengetahuan yang modern menghendaki dasar-dasar pendidikan yang kokoh dan penguasaan kemampuan terus-menerus, dan dengan demikian menuntut pendidikan yang lebih lama sesuai dengan konsep pendidikan seumur hidup (life long education). Berkembangnya teknologi yang mempermudah manusia dalam menguasai dan memanfatkan alam dan lingkungannya, tetapi yang sering kali ditangani sebagai suatu ancaman terhadap kelestarian peranan manusiawi.

Inovasi Pendidikan, Penelitian dan Pembelajaran adalah hal yang mutlak dilakukan perguruan tinggi sekarang ini, karena tuntutan akan produk pendidikan yang dikehendaki di era revolusi industri 4.0 dan Era Merdeka Belajar adalah individu-individu yang terdidik dan terlatih. Banyak usaha yang dilakukan untuk kegiatan yang sifatnya pembaruan atau inovasi pendidikandi perguruan tinggi, antara lain: dalam hal manajemen pendidikan, metode pengajaran, media, sumber belajar, pelatihan dosen, implementasi kurikulum, dan sebagainya.

Dari latar belakang tersebut, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar bermaksud menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Biologi dengan mengusung Tema Inovasi Penelitian Biologi dan Pembelajarannya di Era Merdeka Belajar.

 

TUJUAN

Pelaksanaan kegiatan Seminar Nasional Biologi: Inovasi Penelitian Biologi dan Pembelajarnnya di era Merdeka Belajar ini mempunyai maksud dan tujuan sebagai berikut:

  1. Berbagi Inofrmasi terkait dengan Inovasi Penelitan dan Pembelajaran biologi di Era Merdeka Belajar.
  2. Menyediakan media publikasi ilmiah tingkat nasional kepada dosen,dan peneliti dalam rangka publikasi hasil penelitian
  3. Memantapkan peran perguruan tinggi dalam rangka memajukan inovasi penelitian dan Pendidikan serta pembejaran di era merdeka belajar

 

JENIS KEGIATAN

Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makssar. Hal ini selain untuk memberikan dorongan kepada para dosen, guru peneliti dan masyarakat umum untuk mendapatkan informasi tentang inovasi penelitian dibidang biologi dan pembelajarannya di era merdeka belajar. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menyediakan media publikais ilmiah tingkat nasional kepada dosen dan peneliti dalam rangka publikasi hasil penelitian.

Dalam seminar ini ada dua kegiatan utama yaitu:

  1. seminar dengan pembicara utama
  2. Pemakalah Pararel

 

PEMBICARA UTAMA

Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc (UGM)

Tema: Research University pada Era Kampus Merdeka

Prof. Dr. Nurhayati B., M.Pd (UNM)

Tema: Inovasi pembelajaran biologi pada Era Merdeka Belajar

Dr. Alimuddin Ali, S.Si., M.Si (UNM)

Tema: Inovasi Penelitian Biologi

 

SUB TEMA ( CALL FOR PAPER)

Adapun sub tema untuk Call for Paper yang akan dipresentasikan dalam Kelas Paralel dan akan dimasukkan dalam Prosiding Seminar Nasional ini yakni:

  1. Inovasi Penelitian di bidang Biologi dan IPA
  2. Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran di bidang biologi dan IPA

 

WAKTU PELAKSANAAN DARING

Hari / Tanggal: Sabtu, 8 Agustus 2020

Pembicara Utama: Pukul 09.00 – 11.00 WITA

Pemakalah: Paralel 13.00 WITA – selesai

Media: Via Zoom Meeting (ID akan dibagikan melalui email dan grup WA)

 

BATAS PENGIRIMAN ABSTRAK

Batas pengiriman abstrak bagi pemakalah pararel adalah 25 Juli 2020. Pengiriman abstrak dapat dilakukan dengan mengakses Google Classroom  dengan kode kelas yang akan dikirimkan melalui email masing-masing peserta pemakalah pararel.

 

BATAS PENGIRIMAN ARTIKEL

Batas pengiriman Artikel  bagi pemakalah pararel adalah 8 Agustus 2020. Pengiriman abstrak dapat dilakukan dengan mengakses Google Classroom  dengan kode kelas yang akan dikirmkan melalui email masing masing peserta pemakalah pararel.

Artikel yang dikirimkan secara daring ke Redaksi Panitia Seminar ini diprioritaskan bagi Artikel  yang sesuai dengan tema besar Webinar ini yakni Inovasi Penelirian Biologi dan Pembelajarannya, atau setidaknya sesuai dengan salah satu dari sub tema bidang unggulan tersebut,. Artikel ditulis dengan mengikuti template yang dapat diunduh pada link berikut  https://bit.ly/Temp_SemnasBio20   

 

FASILITAS PESERTA

  • Peserta seminar non pemakalah: e-Serifikat, e-materi, e-book abstrak
  • Peserta seminar pemakalah: e-prosiding, e-Serifikat, e-materi, e-book abstrak

 

PUBLIKASI

Semua artikel yang diterima akan diterbitkan dalam prosiding ber-ISBN  terindeks Google Schoolar. Artikel yang terpilih akan diterbitkan pada Jurnal Nasional Berl ISBN  (Pengajaran dan Pembelajaran Biologi Jurnal) dan Jurnal Nasional  terakreditasi (Sainsmat SINTA 4, Bionature SINTA 5, IJES SINTA 4, IJFS SINTA 4) dengan tambahan biaya sesuai ketentuan jurnal.

 

BIAYA PESERTA WEBINAR

Peserta Non Pemakalah: Rp. 50.000, –

Peserta Pemakalah: Rp. 250.000, –

Pembayaran Via transfer Bank BRI dan Rachmawaty No Rekening 022501060741505

 

INFORMASI PENDAFTARAN

Untuk peserta pemakalah dan non pemakalah melakukan pendaftaran melalui tautan https://bit.ly/SeminarBioUNM

 

NARAHUBUNG:

Hartati: 081341997370

St. Fatmah Hiola: 08114102676

Informasi Lebih Lanjut. semnasbio @ unm.ac, id

 

Leave a Reply

Translate »