PROGRAM STUDI BIOLOGI MEMPEROLEH AKREDITASI A DARI BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINNGI (BAN PT)

Program Studi Biologi kembali memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan nomor SK: 3692/SK/BAN-PT/AK-PPJ/S/VI/2020 berlaku sejak tanggal 28 Juni 2020 sampai dengan 28 Juni 2025 . Kabar ini diterima pihak Program Studi Biologi langsung dari Kepala Unit Penjamain Mutu Universitas Negeri Makassar, Dr. Arsad Bahri, S.Pd., M.Pd., pada Kamis 2 Juli 2020. Kabar gembira ini disambut dengan penuh rasa bahagia oleh seluruh sivitas akademika Jurusan Biologi khususnya Program Studi Biologi. Prestasi ini merupakan yang ke empat secara beruntun sejak  tahun 2005.

 

Dalam prosesnya, Program Studi Biologi telah membentuk Tim Penyusun Borang pada awal juni 2019 untuk mempersiapkan dokumen borang akreditasi. Salah satu kendala dalam penyusunan tersebut adalah dokumen yang akan dipersiapkan berbeda dengan format akreditasi sebelumnya. Pada tahun ini, penilaian akreditasi didasarkan pada instrumen APS 4.0, dimana terdapat dua instrumen yang harus dilengkapi yaitu Laporan Kinerja Program Studi dan Laporan Evaluasi Diri dengan 9 kriteria. Atas kerja keras dan partisipasi semua sivitas akademika Jurusan Biologi serta dukungan dari pimpinan Fakultas MIPA dan Universitas sehingga seluruah hal yang dibutuhkan terkait proses akreditasi diselesaiakn pada awal Desember 2019.

 

Nilai akreditasi A dari BAN PT untuk Program Studi Biologi FMIPA Universitas Negeri makassar merupakan suatu bukti bahwa selama ini layanan pihak birokrasi kampus terkhusus Program Studi Biologi terhadap mahasiswa dan para stakeholder berlangsung baik dan berkualitas sehingga prodi ini dapat bersaing dengan prodi sejenis di Indonesia. Selain itu, faktor pendukung lainnya adalah kualitas sumber daya manusia yang terdapat di Program Studi Biologi sangat mumpuni dalam mengemban Tridhrama Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kemampuan prodi menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai instansi/lembaga di eksternal kampus, nasional maupun internasional menjadi faktor penunjang yang lain dalam raihan prestasi ini.

 

Dr. Abd. Muis, M.Si, selaku Ketua Jurusan Biologi FMIPA UNM menyampaikan bahwa nilai akreditasi A untuk Program Studi Biologi adalah hal yang patut untuk disyukuri dan dibanggakan. ‘’Sudah menjadi tradisi untuk Program Studi Biologi memperoleh nilai akreditasi yang maksimal, hal ini tidak lepas dari maksimalnya seluruh sivitas akademika dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi” ungkapnya. Selanjutnya beliau menyampaikan harapan dan langkah selanjutnya yang akan dilakukan untuk pengembanagn Program Studi Biologi, ‘’Saaya berharap sedapat mungkin ini dapat dipertahankan secara berkelanjutan, kemudian kita akan mengintensifkan dan memaksimalkan system penjaminan mutu internal sehingga bisa menjadi acuan atau cerminan untuk pengembangan prodi biologi kedepan dengan target bahwa Prodi Biologi harus beralih ke kategori akreditasi unggul untuk selanjutnya menapaki akreditasi internasional”.

Leave a Reply

Translate »