Penyerahan dan Penerimaan Peserta KKN Domisili di Kampus FMIPA UNM

Jurusan Biologi – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Sabtu, 19 Sepetember 2020 melaksanakan kegiatan penyerahan dan penerimaan mahasiswa KKN domisili di kampus FMIPA UNM. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua LPPM Universitas Negeri Makassar, Dekan dan Wakil Dekan FMIPA, seluruh pimpinan jurusan dan program studi di lingkungan FMIPA UNM dan mahasiswa peserta KKN domisili di kampus FMIPA UNM. Kegiatan ini dilaksanakn secara blended, dimana beberapa perwakilan mahasiswa hadir di jurusan masing-masing dan sebagian yang lain mengikuti secara daring.

KKN domisili merupakan jenis kegiatan KKN yang baru  dan pertama kalinya akan dilakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dalam kegiatan ini, mahasiswa akan melakukan berbagai kegiatan fisik dan nonfisik dilingkungan kampus, diantaranya kegiatan penataan administrasi, kegiatan praktikum, persiapan bahan ajar dosen di LMS Mipalearn dan penataan taman fakultas termasuk jurusan dan program studi, pengembangan soft skill berbasis kewirausahaan bidang studi. Kegiatan ini akan dilakukan selama dua bulan, berkahir pada bulan November 2020. Sebanyak 289 mahasiswa FMIPA yang mengikuti, 14 diantaranya adalah mahasiswa Jurusan Biologi yang di dalam pelaksanaanya dapat berkolaborasi lintas prodi dan jurusan di lingkungan FMIPA.

Mahasiswa KKN domisili kampus FMIPA dilepas oleh Ketua LPPM UNM, Prof. Dr. Bakhrani A Rauf, MT. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegitan KKN saat ini berbeda dengan kegiatan KKN sebelumnya, ”ditengah pandemi kita harus banyak berkreasi , berinovasi agar kegiatan KKN kita bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan’’ ungkapnya. Di akhir sambutannya beliau berharap mahasiswa peserta KKN ini berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang telah dirancang oleh pihak fakultas, jurusan dan program studi.

Pesrta KKN domisili diterima oleh Dekan FMIPA UNM, Bapak Dr. Drs. Suwardi Annas, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini pada dasarnya merupakan bagian dari kegiatan tridahrma khususnya pengabdian kepada masyarakat, serta untuk mempersiapkan mahasiswa terlibat aktif di tengah masyarakat. Selain itu beliau mengungkapkan asal muasal kegaiatan ini, ”sebenarnya kegiatan ini untuk mendukung percepatan masa studi mahasiswa yang berprestasi agar bisa selesai 3,5 – 4 tahun, selain itu biasanya mahasiswa yang KKN di daerah melakukan penataan lingkungan, nah sedangkan kampus kita sendiri masih butuh untuk ditata” tegasnya. Beliau menutup kegiatan ini dengan memberi ruang kepada pihak fakultas,  jurusan dan program studi untuk berkoordinasi dengan mahasiswa peserta KKN mengenai teknis kegiatan yang akan dilaksanakan.

Leave a Reply

Translate »