Menyambut Mahasiswa Baru 2020, Jurusan Biologi Memberikan Motivasi dan Kiat Sukses Belajar di Perguruan Tinggi

Jurusan Biologi – Euforia penyambutan mahasiswa baru 2020 masih terasa di Jurusan Biologi hingga sore hari, Senin 14 September 2020. Setelah sukses menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dua hari yang lalu, Jurusan Biologi kembali mengadakan kegiatan bagi mahasiswa baru berupa kuliah umum pada pagi hari Senin, 14 September 2020 dengan tema ”kewirausahaan bidang biologi” dan pada sore harinya mahasiswa baru diberikan motivasi serta gambaran mengenai strategi belajar di perguruan tinggi oleh Bapak Dr. Ismail., M.S., salah seorang dosen di Jurusan Biologi FMIPA UNM. Kegaiatan yang dilakukan secara online ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dan dibuka oleh Ketua Jurusan Biologi.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari PKKMB yang bertujuan untuk memberi kemudahan kepada mahasiswa baru untuk beradaptasi pada kehidupan kampus. Adaptasi pada peralihan dari sekolah (siswa) ke perguruan tinggi (mahasiswa) tidaklah muda, sehingga perlu diberikan pengetahuan dasar bagaimana budaya belajar di perguruan tinggi. Inforamsi awal tentang gambaran kehidupan kampus diharapkan mampu menjadi suplemen bagi mereka untuk tetap survive hingga menemui suksesnya menjadi seorang sarjana tepat waktu. Selain pendampingan yang intens, pemberian motivasi juga merupakan hal yang penting bagi mereka, tidak sedikit yang gagal di perguruan tinggi dikarenakan minimnya semangat, motivasi  dari dalam dalam diri mereka serta tidak adanya dukungan dan dorongan dari orang sekitar.

Dalam kegiatan ini, pemateri memberikan beberapa poin penting, salah satunya adalah pentingnya mengenali diri sendiri terkait dengan gaya belajar, belajar dengan sesuai dengan gaya yang membuat kita nyaman cenderung membuat seseorang lebih mudah memamahami apa yang mereka pelajari. Selain itu pemateri juga menyampaikan pentingnya berteman, sharing dan bekerja bersama. Dibagian akhir, pemateri berpesan kepada mahasiswa baru agar sesegera mungkin membangun kemandirian dengan meminimalkan ketergantungan pada orang lain.

Leave a Reply

Translate »