IKA PROBIO UNM Siap Laksanakan Amanah MUBES

Jurusan Biologi – Alumni Prodi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar melakukan musyawarah besar melalui via Zoom Cloud Meeting pada hari Sabtu-Minggu (3-4 Juli 2021) pukul 14.30 – selesai. Kegiatan musyawarah ditujukan untuk alumni Prodi Biologi FMIPA UNM dari angkatan 1997 hingga 2016.

Kegiatan mubes yang bertema “Tumbuh Bersama, Jalin Silaturahmi, Berkontribusi untuk Almamater“ memiliki tujuan untuk memperkuat tali silaturahmi antar alumni, membahas arah tujuan dibentuknya organisasi serta kontribusi apa saja yang dapat diberikan para alumni untuk almamater. Terdapat 149 peserta yang telah melakukan regristrasi pendaftaran.

Setelah melakukan musyawarah selama dua hari, Musyawarah Besar IKA PROBIO UNM menetapkan Hasan alumni angkatan 2010 menjadi Ketua Umum pertama Ikatan Alumni Program Studi Biologi UNM. Setelah dilakukan pemilihan secara daring dari dua calon kandidat yang diusung. Juga terdapat beberapa amanah mubes yang harus dilakukan.

Acara pelantikan IKA PROBIO UNM juga telah dilaksanakan pada  24 Juli 2021 melalui zoom meeting. Pengurus IKA PROBIO UNM dilantik secara resmi oleh Muharram selaku Ketua IKA Komisariat FMIPA UNM. Ia berharap IKA PROBIO UNM dapat bersinergi dengan baik.

IKA PROBIO UNM Periode 2021/2025 juga telah mengadakan rapat kerja perdana secara online via zoom meeting, mulai dari Sabtu-Minggu 14-15 Agustus 2021. Program kerja ini bertujuan untuk menghasilkan kesamaan pemahaman dan persepsi pengurus IKA PROBIO UNM dalam menyusun program kerja.

Hasan selaku ketua IKA PROBIO UNM menyampaikan dalam sambutannya bahwa rapat kerja dilakukan untuk merumuskan program kerja sesuai amanah MUBES yang tertuang dalam AD/ART dan GBPK IKA PROBIO UNM tahun 2021/2025 sehingga bisa menyalurkan dan memberikan konstribusi dari semua alumni-alumni yang telah sukses di bidangnya masing-masing. Kegiatan rapat kerja ini terlaksana dengan cukup baik walaupun diselenggarakan secara daring. Yang berhasil merumuskan 20 program kerja keseluruhan dari 5 bidang yang ada.

Dalam sambutannya, Abdul Muis selaku Ketua Jurusan Biologi FMIPA UNM sangat memberikan support ketua umum beserta jajarannya untuk memanfaatkan momentum ini dengan terbentuknya ikatan alumni bisa mewujudkan kinerja organisasi yang memberikan pelayanan kepada anggota dan memberikan manfaat kepada pihak-pihak diluar ikatan alumni. Ia juga menyarankan agar membuat program kerja jangka pendek, menengah dan panjang untuk menguatkan kinerja organisasi sehingga visi misi bisa direntangkan dari pangkal sampai ujung dalam mencapai tujuan.

Ini penting, karena ini kepengurusan pertama. Jika pengurusan pertama tidak kuat maka untuk pengembangan kedepan memungkinkan adanya kendala-kendala. Rapat kerja ini harus direntangkan sedemikian rupa agar arah tujuan dari organisasi ini nampak jelas dan pengurus bisa menjalankan organisasi dengan baik. Saya yakin bisa dilakukan oleh pengurusan pertama ini dengan dukungan dari berbagai pihak” tuturnya.

 

 

Leave a Reply

Translate »