Mahasiswa Biologi Juara II Pada Kegiatan Nusantara Environment Protection 2022

Jurusan Biologi – Kembali mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM mengukir prestasi di kompetisi tingkat nasional. Tim yang  terdiri atas tiga mahasiswa biologi, yakni Alfiqi Dwiva Annisi, Didik Imam Sakirin, dan Octavia Cisiliana Devi berhasil menjadi juara II pada kegiatan Action Plan Competition yang merupakan rangkaian kegiatan Nusantara Environment Protection 2022.

Action Plan Competition tahun ini mengangkat tema ”meningkatkan daya kritis pemuda dalam merumuskan inovasi dan strategi penyelamatan lingkungan hidup”. Para peserta diminta untuk mengirimkan karya tulis yang berhubungan dengan tema. Tim Biologi mengajukan karya yang berjudul ”Smart Larva: Program Inovatif Gerakan Olah Sampah Organik di TPA dan TPS-3R Kota Pekalongan Melalui Budidaya Larva Ulat Hongkong (Tenebrio molitor) Menuju Eco-community dan Circular Economy”.

 

Kegiatan terdiri atas lima tahap, yaitu pendaftaran dan pengumpulan karya yeng berlangsung dari 5 Februari hingga 5 Maret 2021, Penjurian tahap 1, pengumuman 5 besar, technical meeting dan final yang dilaksanakan pada 15 Maret 2021. Berdasarkan laporan panitia, terdapat 70 peserta yang yang berhasil mengajukan karya yang berasal dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Pada tahap akhir ditetapkan 5 kelompok yang masuk ke grand final, yaitu tim yang berasal dari Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Negeri Makassar.

Pelaksanaan dilaksanakan secara online dengan penjurian langsung oleh Kepala dinas Lingkungan Hidup Pekalongan dan Dosen Ilmu Lingkungan Universitas Negeri Semarang.

Selanjutnya ide yang ditetapkan sebagai juara memiliki peluang untuk diimplementasikan dan mendapatkan pembinaan langsung dari pemerintah Kota Pekalongan. Keputusan tersebut akan disampaikan pada acara puncak pada hari Sabtu, 26 Maret 2022.

Leave a Reply

Translate »