TIM PKM Jurusan Biologi Memberikan Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Di UPT SPF SDN 291 Lobi, Bulukumba

Jurusan Biologi – Dalam rangka optimalisasi implementasi kurikulum merdeka di sekolah, TIM PKM Jurusan biologi mengadakan pendampingan penyusunan modul ajar kurikulum merdeka di UPT SPF SDN 291 Lobi, Bulukumba. Kegiatan PKM yang diketuai oleh Bapak Dr. Muhiddin P, S.Pd., M.Pd., ini diselenggarakan pada taanggal 11 April 2023. Kegiatan PKM dihadiri oleh guru dan Kepala SDN 291 Lobi.

UPT SPF SDN 291 Lobi  merupakan sekolah yang ada di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba, tepatnya di desa Caramming. Berdasarkan hasil observasi, meskipun sekolah ini berada di daerah yang tergolong terpencil, jauh dari pusat kota, akan tetapi telah diminta untuk menerapkan kurikulum merdeka di sekolahnya dari Dinas Pendidikan Kabupaten. Kurikulum merdeka diterapkan pada kelas terbatas yaitu kelas 1 dan 4.

Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk membantu para tenaga pengajar dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka yang akan mulai diimplemntasikan pada tahuan ajaran 2023/2024. Ketua tim PKM berharap setelah kegiatan ini, para guru sudah mampu mengahsilkan modul ajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan kurikulum. Kegiatan PKM ini terdiri atas tiga tahapan, yaitu pemaparan materi mengenai modul ajar, pendampingan penyusuan modul ajar, dan evaluasi. Para peserta yang terlibat dalam kegiatan ini aktif dalam berdiskusi dan menyusun modul ajar. Kepala Sekolah SDN 291 Lobi berharap kegiatan pendampingan ini bisa diselenggraakan lagi karena kurikulum ini masih baru bagi mereka dan belum pernah mengikuti kegiatan yang sejenis sebelumnya.

Leave a Reply

Translate »