Memanfaatkan Pekarangan Sempit, Dosen Biologi Unm Gelar Edukasi Budidayasayuran Sistem Hidroponik Di Desa Turikamaseang Maros

Dalam rangka pembelajaran dan meberdayaan masyarakat, dosen Jurusan Biologi FMIPA UNM  dibawah koordinasi LP2M Universitas Negeri Makassar melakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM)  Terpadu di Desa Tunikamaseang Kabupaten Maros..

Program yang dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2019 ini mendapat respons positif dari warga setempat. Melalui melatihan budidaya hidroponik masyarakat  memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru tentang bercocok tanam tanpa tanah.

Ketua pelaksana program kemitraan masyarakat, Dr. Ismail, M.S. mengatakan bahwa  keterbatasan lahan dan atau kondisi tanah yang tidak produktif bukanlah kendala untuk melakukan budidaya tanaman khususnya sayur-sayuran.  Dikatakan lebih lanjut bahwa budidaya sayuran sistem hidropnik dapat meningkatkan pendapatan relatif keluarga dengan mengurangi pengeluaran belanja kebutuhan sayuran. Kegiatan edukasi budiaya sistem hidroponik ini ditujukan kepada  masyarakat di Desa Tunikaseang Maros.

Dikatakan Ismail bahwa seiring dengan kecendrungan masyarakat untuk mengkonsumsi sayuran sehat, kehadirian teknologi budidaya sistem hidroponik menjadi salah satu pilihan praktis dan sederhana.

Dalam kegiatan PKM Terpadu ini diserahkan satu set instalasi hidroponik kepada pemerintah Desa Tunikamaseang disaksikan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengebaidan Masyarakat Universitas Negeri Makasssar, Prof. Dr. H. Bakhrani A. Rauf, M.T.

Leave a Reply

Translate »