Mahasiswa Jurusan Biologi Terpilih Sebagai Mahasiswa Berprestasi II FMIPA UNM

Jurusan Biologi – Tiga mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil meraih predikat sebagai Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) dan mengalahkan ribuan mahasiswa tingkat Fakultas. Salah satunya Zakia Asrifah Ramly, mahasiswa Jurusan Biologi angkatan 2017 Program Studi Pendidikan Biologi.

MAWAPRES merupakan event tahunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang kembali digelar untuk menemukan putra-putri berprestasi di seluruh universitas yang ada di Indonesia. Kegiatan ini terdiri atas beberapa tingkatan seleksi dianataranya tingkat jurusan, tingkat fakultas dan tingkat univiersitas. Pasca melewati tahap seleksi tingkat jurusan hingga fakultas, Zakia dinobatkan menjadi MAWAPRES II FMIPA UNM Tahun 2020.

Zakia membagikan kisahnya dalam meraih predikat MAWAPRES ini bahwa Ia punya segudang impian yang ingin dicapai selagi kuliah. Menjadi mahasiswa berprestasi tidak pernah Ia bayangkan sebelumnya dan bukan merupakan salah satu impiannya sejak awal memasuki dunia kampus. Namun, satu alasan kuat untuk berusaha mendapatkan predikat tersebut karena orang tua.

“Awal semester 3, orang tua saya melihat beberapa penghargaan menjadi Mahasiswa Berprestasi dan berkata bahwa “Kau juga pasti bisa jadi mahasiswa berprestasi nak” dari situ saya mulai bertekad saya harus dapat predikat mahasiswa berprestasi dan memperlihatkan kepada kedua orang tua saya foto saya saat menjadi mahasiswa berprestasi nantinya,” tuturnya.

Selain itu, Zakia juga menambahkan bahwa untuk mewujudkan keinginan tersebut, tentu perlu tekad dan kerja keras.

“Mahasiswa berprestasi sebenarnya tidak hanya dilihat dari nilai-nilai akademiknya saja. Tetapi juga dengan bagaimana kita menjadi mahasiswa yang proaktif turut serta dalam berbagai kegiatan dan organisasi, cara kita berkomunikasi dan menciptakan network, serta kontribusi kita bagi universitas itu sendiri ataupun lingkungan sekitar. Kesuksesan yang diraih pun tidak akan datang secara instan atau ‘cuma-cuma’ dalam kehidupan kita. Semuanya perlu proses serta kemauan untuk bersungguh-sungguh dalam meraihnya. Sama halnya dengan berusaha menjadi seorang mahasiswa berprestasi.” jelasnya.

Leave a Reply

Translate »