Kuliah Umum Mahasiswa Baru 2020: Kewirausahaan Bidang Biologi

Jurusan Biologi – Kuliah perdana bagi mahasiswa baru Jurusan Biologi diawali dengan kuliah umum yang dilaksanakan pada hari Senin, 14 September 2020. Kuliah umum dibawakan oleh Ibu Ir. Halifah Pagarra, M.Si., Ph.D., dosen Jurusan Biologi FMIPA UNM. Kuliah umum ini mengangkat tema Kewirausahaan di bidang Biologi. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini dihadiri oleh semua Mahasiswa baru Jurusan Biologi angkatan 2020 yang berjumlah 150 orang.

Kewirausahaan sudah menjadi penciri bagi Universitas Negeri Makassar dan sangat konsen dalam pengembagngan jiwa kewirausahaan bagi para mahasiswa. Hal ini dapat dilihat pada visi misi UNM, dimana kewirausahaan menjadi salah satu wawasan dalam pelaksanaan Tridharma dan luaran sumber daya  manusia yang diharapkan. Demikan halnya pada tingkat jurusan hingga program studi ikut mendukung tercapainya Visi Misi universitas. Salah satu misi Program Studi Biologi dan Pendidikan Biologi adalah  mengembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa melalu pembelajaran dengan mengarahkan potensi mereka, hal ini diharapkan agar lulusan yang dihasilkan mampu menjadi agen pembaharu dilingkungan mereka dalam pengembangan ekonomi ataupun menciptakan lapangan kerja baru.

Dalam kuliah umum ini, pemateri memamparkan hubungan antara biologi dan kewirausahaan serta kiat sukses dalam berwirausaha. Selain itu, pemateri juga memberikan gambaran kepada mahasiswa baru mengenai fakta dunia kerja di Indonesia saat ini, dimana jumlah lulusan perguruan tinggi lebih banyak jika dibandingkan dengan lowongan kerja yang tersedia setiap tahunnya. Sehingga menurut beliau kecakapan berwirausaha bagi mahasiswa perlu diasa sedini mungkin.

”Saya kira, saat ini mahsiswa dan juga para orangtua perlu merubah mindset bahwa seorang sarjana harus menjadi PNS, karyawan kantor atau bekerja di industri ternama, akan tetapi seharusnya seorang sarjana mampu menciptakan lapangan kerja bagi orang yang ada disekitarnya. Hal ini bisa dilakukan melalui wirausaha” ungkapnya.

Leave a Reply

Translate »