Usulan Matching Fund (Kedaireka) Tim Dosen Biologi Lolos Pendanaan Tahun 2021

Jurusan Biologi – Tim kedaireka dosen Jurusan Biologi dinyatakan lolos pendanaan pada tahun anggaran 2021. Kabar ini diterima setelah ketua tim mendapatkan surat undangan untuk menghadiri pertemuan finalisasi program dan anggaran program matching fund yang akan dilaksanakan pada 10 Juli 2021. Selain waktu waktu dan teknis pelaksanaan, di dalam undangan tersebut tertulis bahwa  setelah melalui tahap seleksi adminstrasi, substansi, dan verifikasi kelayakan usulan yang diajukan oleh tim dengan judul “System Circular Economy Dalam Biokonversi Limbah Organik Sebagai Sumber Protein Alternatif Masa Depan” diputuskan disetujui untuk ditetapkan sebagai salah satu penerima mutching fund 2021 pada program kedaireka.

Kedaireka adalah platform solusi terkini dalam mewujudkan kemudahan sinergi kontribusi perguruan tinggi dengan komersialisasi industri untuk kemajuan bangsa Indonesia, yang sejalan dengan visi Kampus Merdeka Kemendikbud RI (9/7). Kedaireka menjadi terobosan yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) sebagai tempat bertemunya perguruan tinggi dan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk berkolaborasi menciptakan beragam inovasi. Untuk mengetahui perkembangan platform Kedaireka dan program pendanaan matching fund yang telah diluncurkan pada akhir 2020 lalu.

Tim kedaireka doesn Jurusan Biologi diketuai oleh ibu Hartati, S.Si. M.Si. Ph.D. Anggotanya terdiri atas 6 dosen, satu perwakilan dari pemerintah kota maksaar, serta ketua mitra. Mitra dalam kegiatan ini adal CV. Hamparan Plastindo Gowa yang dipimpin oleh Bapak Dipl-Ing. Tony Wasita. Kegiatan kemitraan ini akan fokus pada riset optimasi budidaya BSF dengan memanfaatkan limbah sebagai pakan dengan beberapa formulasi untuk menghasilkan larva BSF yang memilik kandungan protein tertinggi. Selanjutnya, larva BSF akan diolah menjadi pakan ikan, dan frass akan diolah menjadi pupuk organik. Pakan dan pupuk yang dihasilkan selanjutnya akan diujicoba secara terbatas pada ikan nila dan tanaman jagung. Kegiatan ini akan melibatkan mahasiswa Jurusan Biologi pada setiap tahapannya. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat dimanfaatkan mahasiswa sebagai sarana belajar bahkan sampai pada penelitian untuk tugas akhir. Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan program ini, yaitu membantu universitas mencapai IKU perguruan tinggi.

Leave a Reply

Translate »